Kecenderungan Perilaku Melanggar Peraturan Asrama Ditinjau Dari Cara Pengambilan Keputusan Santriwati (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki)

MUTAQWARAHMAH, RIDMA (2012) Kecenderungan Perilaku Melanggar Peraturan Asrama Ditinjau Dari Cara Pengambilan Keputusan Santriwati (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (342kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak perempuan yang menuntut ilmu di pesantren disebut dengan santriwati. Orang tua memasukkan anak perempuannya ke pesantren agar dapat memiliki kematangan pribadi, dimana lingkungan yang didapatkan anak perempuannya adalah lingkungan yang menerapkan ajaran islam. Kenyataan yang terjadi di Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki meski di dalamnya menerapkan ajaran islam, masih terdapat peningkatan jumlah pelanggaran disiplin (aturan asrama). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam tentang kecenderungan perilaku melanggar peraturan asrama pada santriwati ditinjau dari cara pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan triangulasi metodologi. Informan dibagi menjadi dua, yaitu informan kuesioner dan informan wawancara. Pada informan kuesioner diambil secara Cluster Sampling. Sebagai pendalaman dan cek ulang, pada penelitian ini melakukan wawancara kepada enam santriwati lain yang berbeda dari informan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pertama, jenis norma/ peraturan yang sering dilanggar santriwati adalah dari bagian bahasa dan keamanan. Kedua, santriwati merasa peraturan pesantren ketat. Menurut santriwati pembinaan moralnya kurang efektif; derasnya arus budaya serta belum adanya kemauan yang sunguh-sungguh dari pembuat peraturan. Ketiga, ketika melakukan pelanggaran, santriwati merasa menyesal, takut akan hukuman yang diberikan dan biasa saja. Santriwati memilih bertindak melanggar peraturan asrama ada dua sebab, yaitu internal dan eksteral. Keempat, proses pengambilan keputusan melanggar santriwati dapat dilihat dari sebelum melakukan pelanggaran yang terlintas dipikiran santriwati adalah merasa banyak temannya. Alasan berfikir untuk melanggar karena ketidaksengajaan dan santriwati memilih sikap melanggar karena ada dorongan psikis. Cara pengambilan keputusan santriwati pada tahap konvensional, tingkat harapan bersama antar pribadi, hubungan dan persesuaian antar pribadi. Hal tersebut ditunjukkan dengan para santriwati lebih merasa akrab dengan teman sebayannya (seangkatan), keputusan untuk melanggar tidak lepas dari ajakan temannya dan semua itu dilakukan untuk kekompakan bersama. Loyalitas, rasa percaya dan senang diberikan kepada teman seangkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak F100/2012-18
Uncontrolled Keywords: perilaku melanggar, cara pengambilan kepututsan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 May 2012 07:19
Last Modified: 02 Jul 2012 07:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18765

Actions (login required)

View Item View Item