Pengaruh Penggunaan CMC-Na Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Sifat Fisik Tablet Ekstrak Etanolik Seledri (Apium Graveolens L.) Dengan Metode Granulasi Basah

Nugroho, Agus Dwi (2012) Pengaruh Penggunaan CMC-Na Sebagai Bahan Pengikat Terhadap Sifat Fisik Tablet Ekstrak Etanolik Seledri (Apium Graveolens L.) Dengan Metode Granulasi Basah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Tanaman seledri (Apium graveolens L.) sejak dahulu telah digunakan sebagai tanaman obat. Seledri biasanya digunakan dalam bentuk rebusan yang dianggap kurang praktis sehingga perlu digunakan cara yang lebih praktis yaitu dengan dibuat tablet. Bahan pengikat memegang peranan penting dalam pembuatan tablet, yaitu menghasilkan tablet yang kompak. Salah satu bahan pengikat yang digunakan adalah Karboksimetilselulosa natrium (CMC–Na). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi kadar CMC-Na sebagai bahan pengikat terhadap sifat fisik tablet ekstrak etanolik seledri Ekstrak seledri dibuat secara maserasi dengan etanol 50% dan tablet dibuat dengan metode granulasi basah. Tablet ekstrak seledri dibuat dalam lima formula dengan konsentrasi bahan pengikat yang berbeda, pada formula I = 0,0%, formula II = 1,5%, formula III = 3,0%, formula IV = 4,5% dan formula V = 6,0%. Granul kering diuji waktu alir, sudut diam, dan pengetapan. Tablet yang dihasilkan diuji sifat fisik meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, dan waktu hancur. Data dianalisis dengan pendekatan teoritis dan statistik menggunakan analisis Anova satu jalan, dan dilanjutkan uji t dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaaan konsentrasi bahan pengikat CMC-Na memberikan pengaruh terhadap sifat fisik tablet ekstrak etanolik seledri dilihat dari kekerasan tablet, kerapuhan tablet, dan waktu hancur tablet. Semakin besar konsentrasi bahan pengikat CMC-Na menyebabkan kekerasan tablet meningkat, kerapuhan tablet menurun, dan waktu hancur tablet semakin lama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak K100/2012-13
Uncontrolled Keywords: seledri (Apium graveolens L.), granulasi basah, Karboksimetilselulosa natrium (CMC–Na), tablet.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 May 2012 06:31
Last Modified: 13 Jul 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18763

Actions (login required)

View Item View Item