Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Prasekolah (Play Group Dan Tk)

Setiawan, Rudy (2012) Perangkat Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Prasekolah (Play Group Dan Tk). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
Daftar_Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi melalui media elektronik berbasis multimedia membantu menumbuhkan minat belajar secara mandiri dan membantu mengembangkan kreatifitas anak didik dalam belajar. Hal ini harus mulai dikenalkan sejak jenjang pendidikan prasekolah sehingga potensi anak dapat digali sejak dini. Dengan metode pembelajaran ini bertujuan memberikan alternatif untuk membantu anak didik prasekolah dalam menumbuhkan minat belajar anak dan memudahkan anak dalam mempelajari berbagai materi pembelajaran antara lain mengenal huruf, angka, warna, bentuk benda, nama hewan, nama buah, alat transportasi, dan organ tubuh serta berlatih terampil dan kreatif dalam mempelajari materi, mengerjakan latihan soal, bermain, dan menggambar sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mendemonstrasikan program pembelajaran. Masing-masing anak diberikan satu buah CD yang berisi program pembelajaran tersebut untuk dimainkan sendiri. Sedangkan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode kuesioner yang dibagikan sesudah kegiatan sosialisasi untuk mengetahui seberapa persentase penilaian program. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan adanya program ini dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi tanpa mengulang materi yang sama ketika anak didik masih kurang memahami materi serta dapat menggali potensi kecerdasan anak sejak dini agar dapat belajar lebih mandiri dan kreatif tanpa harus didampingi oleh guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak L200/2012-11
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar Mengajar, Pengajaran, Multimedia, dan Pelatihan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 21 May 2012 11:26
Last Modified: 01 Nov 2022 08:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18752

Actions (login required)

View Item View Item