Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Negeri Purworejo I Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

FITRIANINGTYAS , DWI MAYASARI (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Negeri Purworejo I Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (771kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match (Mencocokkan Kartu Indeks) pada siswa kelas VI SD Negeri Purworejo 1 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri Purworejo 1 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD N Purworejo 1 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen berupa peningkatan prosentase siswa yang mampu mencapai KKM. Berdasarkan data awal menunjukkan bahwa hanya ada 5 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 33,33%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 ada 6 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 40,00%, dan siklus I pertemuan 2 ada 8 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 53,33%. Sedangkan setelah diadakan perbaikan pada siklus II pertemuan 1 ada 12 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 80,00%, dan siklus II pertemuan 2 ada 14 siswa yang mencapai KKM atau sebanyak 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Purworejo 1 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Strategi Index Card Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 May 2012 11:20
Last Modified: 16 May 2012 11:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item