Hubungan Antara Kematangan Beragama Pada Remaja Dan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Agama Islam Di Sekolah

SALAMAH , DIAH UMMU (2012) Hubungan Antara Kematangan Beragama Pada Remaja Dan Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dengan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Agama Islam Di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah diasumsikan dapat dipengaruhi oleh Kematangan beragama pada remaja dan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga.Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui hubungan antara kematangan beragama pada remaja dan pendidikan agama islam dalam keluarga dengan hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti memilih menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan skala pada siswa. Responden penelitian ini diambil dari populasi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah I Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda yang diolah secara komputasi dengan program SPS (Seri Program Statistik) versi 2000 dari Sutrisno Hadi (2000). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kematangan beragama pada remaja dan pendididikan agama Islam dalam keluarga dengan hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah yang ditunjukan dengan nilai R= 0,317 dan R² (koefisien determinasi) 0,100 yaitu sebesar 10% dan p=0,000 (p<0,05). Kematangan beragama pada remaja mempunyai sumbangan efektif terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah sebesar6,4%. Sedangkan pendidikan agama Islam dalam keluarga mempunyai sumbangan efektif terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah sebesar 3,7%. Hipotesis pada penelitian ini telah terbukti bahwaada hubungan positif yang signifikan antara kematangan beragama pada remaja dan pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah. Serta terdapat hubungan antara kematangan beragama pada remaja dengan hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah dengan R=0,252; p= 0,001 (p<0,05) dan terdapat hubungan pula antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah dengan R=0,230; p=0,002 (p<0,05). Dengan demikian H0ditolak.Adapun kematangan beragama pada remaja berada pada kategori sedang, pendidikan agama Islam dalam keluarga berada pada kategori sangat tinggi dan hasil belajar dalam mata pelajaran agama Islam di sekolah berada pada kategori sedang, namun sebagian besar siswa dapat melampaui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak F100/2012-20
Uncontrolled Keywords: kematangan beragama, pendidikan agama Islam, hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 16 May 2012 11:11
Last Modified: 02 Jul 2012 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18730

Actions (login required)

View Item View Item