Perbandingan Hasil Belajar Ipa Biologi Menggunakan Strategi Group To Group Exchange Dan Poster Session Pada Pokok Bahasan Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas Viii Smp Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

WIDODO , FARUQ NAJEDI TRI (2012) Perbandingan Hasil Belajar Ipa Biologi Menggunakan Strategi Group To Group Exchange Dan Poster Session Pada Pokok Bahasan Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas Viii Smp Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_FARUQ.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_FARUQ.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_FARUQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_FARUQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_FARUQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_FARUQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_FARUQ.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
Binder2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPA biologi antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Group to group exchange dan Poster session pada pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan antara strategi pembelajaran Group to group exchange dan strategi pembelajaran Poster session. Penelitian diukur dengan menggunakan aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Group to group exchange (70,56) dan rata-rata kelas diajar yang menggunakan strategi pembelajaran Poster session (68,67). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA Biologi antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Group to group exchange dan strategi pembelajaran Poster session pada pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit tahun ajaran 2011/ 2012 (thitung < ttabel = 0,99 > 2) pada taraf signifikasi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Group to group exchange, strategi Poster session
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 16 May 2012 10:27
Last Modified: 16 May 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18724

Actions (login required)

View Item View Item