Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Asi Dengan Status Gizi Pada Anak Usia 0-24 Bulan Di Pemukiman Kumuh Kelurahan Gilingan Surakarta

CAHYOROSO , TIMOTIUS DWI (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Asi Dengan Status Gizi Pada Anak Usia 0-24 Bulan Di Pemukiman Kumuh Kelurahan Gilingan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

ASI merupakan makanan alamiah pertama dan paling utama bagi bayi yang lahir, karena ASI dapat memenuhi kebutuhan bayi akan energi dan zat gizi bayi selama 4-6 bulan pertama. Makanan memegang peranan yang penting dalam tumbuh kembang anak. Karena anak sedang tumbuh, kebutuhannya terhadap gizi berbeda dengan orang dewasa. Kekurangan makanan bergizi menyebabkan retardasi pertumbuhan anak. Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan Ibu tentang pemberian ASI dengan status gizi anak usia 0-24 Bulan. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Posyandu Kelurahan Gilingan Surakarta. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan subjek penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia 0-24 Bulan. Karena data yang diperoleh dalam penelitian ini tidak memenuhi syarat uji chi_square, maka uji yang dipakai adalah uji alternatif, yaitu uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil : Berdasarkan hasil analisis SPSS dengan menggunakan uji Kolmogorov smirnov pada p-value sebesar 0,006 yang lebih kecil dari 5%. Maka secara statistik terdapat hubungan tingkat pengetahuan Ibu tentang pemberian ASI dengan status gizi pada anak usia 0-24 bulan di Pemukiman Kumuh Kelurahan Gilingan Surakarta. Kesimpulan : Terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian ASI dengan status gizi pada anak usia 0-24 bulan diPemukiman Kumuh Kelurahan Gilingan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Ibu, ASI, dan Status Gizi Anak usia 0-24 Bulan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 16 May 2012 10:14
Last Modified: 16 May 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item