Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Sukmawati, Wareh (2012) Aplikasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Dan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII E Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3)_Bab_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
4)_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
5)_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV )
6)_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
7)_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
10)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan dan Kerja Kelompok pada siswa yang berjumlah 31. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, lembar kerja siswa, tes, dan dokumentasi. Instrumen soal tes terdiri dari 20 soal valid dengan koefisien korelasi sebesar r11= 0,670 dan r11= 0,682. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aplikasi pembelajaran pendekatan kontekstual berbasis lingkungan dan kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa yang meliputi: (a) aspek kognitif pada siklus I sebesar 90,31% menjadi 96,77% pada siklus II; (b) aspek afektif pada siklus I sebesar 81,46% menjadi 100% pada siklus II. 2) peran aktif siswa pada proses belajar mengajar dalam bentuk kerja kelompok dengan pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi yang ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 24,89%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-01
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual berbasis lingkungan, kerja kelompok, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 May 2012 09:05
Last Modified: 21 Jun 2012 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18718

Actions (login required)

View Item View Item