Isolasi, Karakterisasi Dan Populasi Rare Actinomycetes Dari Pasir Pantai Nampu Di Kabupaten Wonogiri

Purwanto , Joko (2012) Isolasi, Karakterisasi Dan Populasi Rare Actinomycetes Dari Pasir Pantai Nampu Di Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi dan karakteristik Rare Actinomycetes dari pasir pantai Nampu di Kabupaten Wonogiri. Pengambilan sampel pasir pantai diambil pada kedalaman 20 cm. Pada pengenceran sampel dilakukan pretreatment suhu sebesar 70 oC pada panas kering (oven ) selama 60 menit. Setelah media Starch Casein siap yang sebelumnya telah dilakukan penambahan sikloheksimid sebanyak 4 ml dengan konsentrasi 5% maka dilakukan tebaran sebanyak 4 kali ulangan dan diinkubasi di dalam oven inkubator dengan suhu 28oC selama 14 hari. Hasil isolasi pada media Starch Casein dengan label MS.20.a 1200 cfu/ml, MS.20.b 1150 cfu/ml, MS.20.c 3920 cfu/ml, dan MS.20.d 3040 cfu/ml. Dari hasil isolasi tersebut kemudian dilakukan proses purifikasi pada media benneth agar. Hasil purifikasi yang dapat digunakan terdapat pada ulangan dengan label MB.20.b.P, MB.20.a.P dan MB.20.c.A. Dari hasil purifikasi Rare actinomycetes kemudian dilanjutkan pada media Oatmeal untuk colour grouping. Dari colour grouping didapatkan hasil bahwa pada pasir pantai Nampu terdapat bakteri Rare actinomycetes dengan misellium udara berwarna abu-abu kehitaman, misellium vegetatif berwarna kuning dan tidak ditemukan adanya pigmen difus. Dapat disimpulkan bahwa tingkat populasi jumlah sel Rare actinomycetes yang didapatkan dari isolasi media Starch casein sangan tinggi tetapi tingkat diversitasnya rendah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rare actinomycetes, Pasir Pantai Nampu Kabupaten Wonogiri, starch-casein, benneth agar, media Oatmeal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 May 2012 06:18
Last Modified: 16 May 2012 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18715

Actions (login required)

View Item View Item