Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Melalui Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Sulistiyaningsih, Ayu (2012) Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Melalui Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_._BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
04.__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
05.__BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.__BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] PDF (Bab V)
07.__BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.__Daftar_Pustaka.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi pembelajaran kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta terdapat beberapa kelemahan, antara lain: partisipasi siswa masih rendah, siswa ramai dan bosan pada pembelajaran yang monoton, pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam aspek kognitif dan afektif siswa kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan pembelajaran cooperative learning tipe TGT dengan media ular tangga. TGT merupakan salah satu tipe pembelajaran cooperative learning yang menambahkan dimensi kegembiraan yang diperoleh dari penggunaan permainan. Permainan yang digunakan adalah ular tangga karena selain sebagai permainan juga dapat dijadikan media dalam proses pembelajaran yang dapat merangsang minat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Aspek kognitif dilihat dari banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 65) saat observasi awal sebanyak 4 siswa (17%), siklus I meningkat menjadi 15 siswa (71%) dan pada sikus II sebanyak 20 siswa (95%). Nilai rata-rata kelas dari observasi awal sebesar 51,5 (tidak tuntas), siklus I menjadi 69,5 (tuntas) dan siklus II menjadi 78 (tuntas). Aspek afektif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata aspek afektif berupa perilaku berkarakter dari observasi awal sebesar 9,85 (cukup), siklus I sebesar 10,43 (cukup), dan siklus II sebesar 14 (baik). Nilai rata-rata aspek afektif berupa keterampilan sosial dari observasi awal sebesar 10,82 (kurang), siklus I sebesar 12,33 (cukup), dan siklus II sebesar 15,8 (baik). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran cooperative learning tipe TGT melalui media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-11
Uncontrolled Keywords: cooperative learning, TGT (Teams Games Turnament), ular tangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 May 2012 05:49
Last Modified: 21 Jun 2012 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18714

Actions (login required)

View Item View Item