Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Model BCCT di Sentra Peran pada KB Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 (Penelitian Tindakan Kelas)

WIDIYATI, Nina (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Model BCCT di Sentra Peran pada KB Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only until March 2012.

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only until March 2012.

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only until March 2012.

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only until March 2012.

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until March 2012.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak melalui model BCCT di Sentra Peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok bermain di KB Anak Sholeh Colomadu Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan bahasa anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran bermain di Sentra Peran dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan anak dengan indikator kinerja setiap siklus serta membandingkan pelaksanaan pembelajaran dengan tahap/prosedur pelaksanaan BCCT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak sebelum tindakan sampai dengan Siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 36,25%, Siklus I mencapai 57,50%, Siklus II mencapai 67,08% dan Siklus III mencapai 82,36%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa penggunaan Model BCCT di Sentra Peran dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak di KB Anak Sholeh Colomadu Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-17
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa, Model BCCT, Sentra Peran
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 May 2012 10:07
Last Modified: 25 Jun 2012 07:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18698

Actions (login required)

View Item View Item