Karakteristik Air Sumur Di Sekitar Aliran Limbah Cair Industri Kerajinan Batik Di Desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen

Diniyati, Wiwis (2012) Karakteristik Air Sumur Di Sekitar Aliran Limbah Cair Industri Kerajinan Batik Di Desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas dan kuantitas air sungai yang kemasukan limbah cair batik; (2) mengetahui kualitas air sungai Pete dapat diperuntukkan pertanaman, perikanan, atau peruntukan lain; dan (3) mengetahui karakteristik air sumur yang berada di sekitar aliran limbah cair industri kerajinan batik di Desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2012, bertempat di sekitar aliran limbah cair batik di Desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi untuk karakteristik air sumur dan analisis laboratorium dengan parameter fisik dan kimia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara membandingkan karakteristik air sungai yang dialiri limbah industri kerajinan batik dengan baku mutu air dan karaketeristik air sumur, baik air sumur yang belum mendapatkan aliran limbah maupun air sumur yang berada di sekitar aliran limbah cair batik. Hasil penelitian adalah kualitas dan kuantitas air sungai Pete yaitu berwarna, berbau dan nilai pH, Nitrat, Nitrit, Phosphat, COD, dan BOD melebihi nilai ambang batas baku mutu air kelas II, III, dan IV. Hasil kuantitas air sungai Pete bermasalah 36,4% dan 10% yang memenuhi baku mutu kelas III dan IV layak diperuntukkan sebagai pembudidayaan ikan air tawar, peternakan dan mengairi pertanaman. Karaketeristik air sumur di sekitar aliran limbah cair industri kerajinan batik di Desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen berkualitas bau dan warna sesuai dengan sumur kontrol dan ada yang tidak sesuai dengan sumur kontrol yaitu berbau dan berwarna keruh. Hasil analisis kuantitas air sumur yang ditunjukkan nilai parameter unsur Besi, Mangan, Nitrit, COD dan BOD yang melebihi nilai ambang batas baku mutu air kelas I. Dengan nilai prosentase yaitu air sumur pertama (S1), kedua (S2), ketiga (S3), dan keempat (S4) masing-masing 7,1%. 35,7%, 14,3%, dan 21,4%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa air sungai yang terkena aliran limbah cair batik dapat diperuntukkan sebagai pembudidayaan ikan air tawar, peternakan dan mengairi pertanaman, sedangkan air sumur di sekitar aliran limbah cair industri kerajinan batik di Desa Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen masih bisa diperuntukkan sebagai air minum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-18
Uncontrolled Keywords: Karakteristik air sumur, limbah cair industri, kerajinan batik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 May 2012 09:27
Last Modified: 21 Jun 2012 07:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18697

Actions (login required)

View Item View Item