Pemanfaatan Kulit Telur Ayam Dan Air Cucian Beras Pada Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum) Dengan Media Tanam Hidroponik

Ariwibowo , Fajar (2012) Pemanfaatan Kulit Telur Ayam Dan Air Cucian Beras Pada Pertumbuhan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum) Dengan Media Tanam Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kulit telur dan air cucian beras untuk sebagian orang hanya dipandang sampah yang tidak berharga, tetapi sampah tersebut diolah menjadi pupuk dapat lebih bermanfaat dan mengurangi jumlah sampah. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan kulit telur dan air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum) dengan menggunakan media hidroponik. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Green House Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial terdiri dari 2 faktor yaitu faktor pertama kulit telur dengan kadar pemberian 0 gr, 10 gr, 15 gr dan faktor kedua air cucian beras dengan pemberian 1000ml dan air biasa 1000ml sehingga kedua faktor perlakuan diperoleh 6 macam kombinasi perlakuan. Data dianalisis dengan Anava Dua Jalur. Parameter penelitian adalah tinggi tanaman tomat selama satu bulan. Berdasarkan hasil penelitian untuk tinggi tanaman menunjukkan hasil yang signifikan, perlakuan yang paling baik untuk pertumbuhan adalah P1Q2 (konsentrasi kulit telur 15gr dan air cucian beras 100ml) yaitu dengan rata-rata pertumbuhan 18,83 cm selama 1 bulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kulit telur dan air cucian beras berpengaruh pada pertumbuhan tinggi tanaman tomat (Solanum lycopersicum)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-05
Uncontrolled Keywords: Kulit Telur, Pertumbuhan, Air Cucian Beras, Tomat (Solanum lycopersicum), Hidroponik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 May 2012 09:16
Last Modified: 21 Jun 2012 09:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18696

Actions (login required)

View Item View Item