Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Matematika Virtual Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5

Naimahtuti, Nur Maidah (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Matematika Virtual Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._halaman_depan.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB__I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan matematika virtual. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas IV SD Negeri Purwosuman 5 sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain : 1) Antusias belajar siswa terhadap pelajaran matematika meningkat dari 20% menjadi 86,67%, 2) Keberanian siswa berpendapat atau bertanya mengenai materi yang belum dimengerti meningkat dari 13,3% menjadi 53,3%, 3) Kemauan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 6,67% menjadi 40%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan matematika virtual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran Matematika, media pembelajaran berbasis komputer, matematika virtual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 May 2012 08:34
Last Modified: 15 May 2012 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18694

Actions (login required)

View Item View Item