Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing ( PTK Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Semin )

Bintarti, Efrininda Wahyuning (2012) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing ( PTK Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Semin ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Semin dengan menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Semin yang berjumlah 23 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII A SMP Negeri 3 Semin. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep matematika, hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang dapat menyatakan ulang sebuah konsep melalui tanya jawab sebelum tindakan 30,43% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 65,22%, 2) mengolah dan menyelesaikan soal sebelum tindakan 21,74% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 78,26%, 3) mengaplikasikan konsep sesuai algoritma pemecahan masalah sebelum tindakan 17,39% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 52,17%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dapat meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Semin pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, problem posing tipe pre solution posing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 May 2012 06:39
Last Modified: 15 May 2012 12:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item View Item