Keterampilan Mengajar Ditinjau Dari Profesionalisme dan Pendidikan Guru Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Perdani, Febrilita Rizki (2012) Keterampilan Mengajar Ditinjau Dari Profesionalisme dan Pendidikan Guru Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh profesionalisme guru terhadap keterampilan mengajar di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; 2) Pengaruh pendidikan guru terhadap keterampilan mengajar di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012; 3) Pengaruh profesionalisme dan pendidikan guru terhadap keterampilan mengajar di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 47 guru. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan wawancara. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 16,319 + 0,386X1 + 0,144X2. Persamaan menunjukkan bahwa keterampilan mengajar dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan pendidikan guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap keterampilan mengajar guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 8,486 > 2,015 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 60,528%; 2) Pendidikan guru berpengaruh signifikan terhadap keterampilan mengajar guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,053 > 2,015 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,046, dengan sumbangan efektif sebesar 1,872%; 3) Profesionalisme guru dan pendidikan guru berpengaruh signifikan terhadap keterampilan mengajar guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 36,548 > 3,209 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,624 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan pendidikan guru terhadap keterampilan mengajar guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, adalah sebesar 62,4% sedangkan 37,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Pendidikan Guru dan Keterampilan Mengajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 May 2012 09:14
Last Modified: 14 May 2012 11:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item View Item