Representasi Simbol Zionisme Yahudi Pada Video Klip (Analisis Semiotika Komunikasi Tentang Representasi Simbol Zionisme Yahudi Di Video Klip Artis-Artis Republik Cinta Management Tahun 2004-2011 )

NURROHMAH, ARINA (2012) Representasi Simbol Zionisme Yahudi Pada Video Klip (Analisis Semiotika Komunikasi Tentang Representasi Simbol Zionisme Yahudi Di Video Klip Artis-Artis Republik Cinta Management Tahun 2004-2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada isu yang sempat berkembang di media yang menyebutkan bahwa zionisme Yahudi tumbuh subur di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari simbol-simbol zionisme yang cukup intens ditampilkan dalam dunia hiburan melalui tanyangan televisi baik acara musik, iklan dan fim serta dugaan pimpinan Republik Cinta Manajemen (RCM) disinyalir sebagai salah satu pengikut zionis Yahudi dalam pemberitaan di media dikarenakan banyak simbol zionis Yahudi seperti Freemansonry,Illumination, dan Satanisme yang diaplikasikan dalam video klip artis-artis di bawah naungan RCM seperti Dewa 19, Mulan Jamella, Maha Dewi, The Virgin dan Dewi Persik. Maka ditemukan permasalahan penelitian yang berhubungan dengan simbol zionisme Yahudi yaitu; (1) Bagaimanakah Simbol Zionisme Yahudi pada video klip artis-artis Republik Cinta Manajemen (RCM) di representasikan? (2) Bagaimana simbol-simbol tersebut dimaknai dalam semiotika komunikasi? Untuk dapat menjawab rumusan masalah yang dikemukakan, peneliti menggunakan analisis semiotika komunikasi Roland Barthes sebagai metodologi dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan berfokus pada visualisasi gambar baik verbal maupun non verbal dan simbol dianalisis dengan literature research melalui buku, internet, film dan sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan simbol yang merepresentasikan simbol zionis Yahudi dengan jumlah total simbol 159 simbol. Simbol representasi dari simbol zionis yang ditampilkan dalam video klip artis-artis RCM yaitu simbol Mata Satu, Piramida, Tengkorak, Cross Knight Templar, Pola Papan Catur, Ular, Obeliks, Cakram Matahari, Bintang David, Ankh, Simbol Freemansonry, Hoodie, Simbol Satanic (Iblis, Jin dalam berbagai versi), Gaya Hidup Hedonis, Transgender, Sensualitas dan Seksualitas. Simbol-simbol kebanyakaan ini diadopsi oleh kaum zionis dari kepercayaan pagan dan kepercayaan Mesir kuno. Namun, kelompok zionis Yahudi mengadopsi simbol ini untuk kepentingan negatif yang menggunakan ilmu hitam sebagai sarana untuk mewujudkan agenda-agenda mereka yang dipropagandakan melalui media massa dengan penyajian yang menarik dengan kombinasi sihir sigil atau dalam dunia modern disebut Hipnotis, pengendalian pikiran/ cuci otak (main control/brainwash) yang menyerang otak reptil, bekerja saat pikiran rileks seperti melihat televisi. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa simbol zionisme Yahudi dalam video klip artis-artis RCM cukup beragam namun simbol tidak diperlihatkan secara vulgar dan jelas. Hal ini terlihat simbol diganti dengan kode-kode melalui gesture tubuh yang merepresentasikan simbol yang dituju, dan shot-shot yang digunakan tidak terlalu tajam. Hanya satu video klip yang sangat jelas menonjolkan simbol yaitu Dewa 19 (Satu).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-23
Uncontrolled Keywords: Representasi, Zionisme Yahudi, Video Klip
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 May 2012 11:39
Last Modified: 31 Jul 2012 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18676

Actions (login required)

View Item View Item