Strategi Komunikasi Pencitraan Perusahaan Studi Komunikasi Penerapan Program Public Affairs “Trees For Life : Penanaman 2.916 Pohon Trembesi Sepanjang Jalur Semarang-Kudus” SebagaiUpaya Pencitraan oleh Public Affairs PT. Djarum Tahun 2011

Tustiana, Dery Nurlida (2012) Strategi Komunikasi Pencitraan Perusahaan Studi Komunikasi Penerapan Program Public Affairs “Trees For Life : Penanaman 2.916 Pohon Trembesi Sepanjang Jalur Semarang-Kudus” SebagaiUpaya Pencitraan oleh Public Affairs PT. Djarum Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

Keberadaan devisi Public Relations menjadi salah satu strategi perusahaan membentuk reputasi dan citra. Strategi yang dilakukan diantaranya meliputi press release, lobbiying, corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan. PT. Djarum, salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia telah melaksanakan program CSR lebih dari 40 tahun yang lalu. Perusahaan produksi rokok kretek ini memberikan kontribusinya terhadap masyarakat luas melalui CSR mereka, yaitu Djarum Foundation : Bakti Olahraga (1969), bakti lingkungan atau trees for life (1977), Bakti Pendidikan Beswan Djarum Puls (1984). Meskipun demikian, pesan perusahaan melalui program CSR tersebut tidak semuanya diterima khalayak sesuai dengan harapan perusahaan. Pada tahun 2010, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram rokok sesuai dengan Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid bernomor 6/SM/MTT/III/2010. Program Public Affairs “Trees for Life : Penanaman 2.916 Pohon Trembesi Sepanjang Jalur Semarang Kudus” salah satu kegiatan CSR Tress for Life yang dijalankan oleh perusahaan. Proses perusahaan dalam mengkomunikasikan kegiatan tersebut yang akan diteliti terkait dengan pembentukan citra positif perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sosialisasi program Public Relations “Trees for Life: Penanaman 2.767 Pohon Trembesi Sepanjang Jalur Semarang-Kudus” dalam rangka meningkatkan citra positif perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukakan bahwa sosialisasi yang digunakan perusahaan dalam CSR Trees for Life : Penanaman 2.916 Pohon Trembesi Sepanjang Jalur Semarang Kudus, efektif dan sesuai karateristik stakeholders PT. Djarum. Komunikasi interpersonal, event, social reports, website perusahaan dan advertising (iklan) mencakup berbagai segmentasi masyarakat yang heterogen. Bentuk kepedulian PT.Djarum terhadap lingkungan dengan penanaman Pohon Trembesi ini berhasil menciptakan citra yang positif bagi perusahaan. Hal tersebut tidak luput dari kerja sama media massa, pemerintah setempat, instansi-instansi yang terkait, masyarakat sepanjang penanaman yang ikut serta membantu dan mendukung program tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-05
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Corporate Social Responsibilty, Djarum Trees for Life, dan Citra Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 May 2012 11:18
Last Modified: 13 Jul 2012 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18673

Actions (login required)

View Item View Item