Pengaruh Strategi Promosi Roti Dika Terhadap Brand Awareness Dikalangan Konsumen Roti Dika Tahun 2011

NUGROHO SOBANI, TRI (2012) Pengaruh Strategi Promosi Roti Dika Terhadap Brand Awareness Dikalangan Konsumen Roti Dika Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Untuk mencapai kesadaran merek (brand awareness) dari konsumen merupakan tantangan untuk memikirkan mengenai produk mudah muncul dalam ingatan konsumen. Strategi promosi (komunikasi pemasaran) diperlukan untuk memperkuat brand awareness, guna meraih segmentasi yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi Roti Dika terhadap brand awareness masyarakat Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif eksplanatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen perusahaan roti dan kue Dika di Surakarta. Sampel diambil sebanyak 100 orang konsumen dengan teknik Convenieance Samping. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi Dika Bakery berpengaruh signifikan terhadap brand awareness masyarakat Surakarta. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana diperoleh nilai thitung > ttabel (11,530 > 1,980) pada taraf signifikansi 5%. Artinya setiap peningkatan intensitas dan kualitas strategi promosi, maka akan diikuti dengan peningkatan brand awareness konsumen. Sebaliknya setiap penurunan intensitas dan kualitas strategi promosi, maka akan diikuti dengan penurunan brand awareness konsumen. Berdasarkan hasil analisis dapat dinyatakan bahwa strategi promosi yang dilakukan Dika Bakery terbukti dapat meningkatkan brand awareness konsumen terhadap roti Dika. Bsar pengaruh strategi promosi terhadap brand awareness adalah sebesar 57,6%. Artinya strategi iklan, promosi penjualan, dan sponsorship yang telah dilakukan oleh Dika Bakery efektif dalam meningkatkan kesadaran konsumen terhadap roti merek Dika. Kata Kunci: strategi promosi, brand awareness

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-22
Uncontrolled Keywords: strategi promosi, brand awareness
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 11 May 2012 11:18
Last Modified: 31 Jul 2012 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18668

Actions (login required)

View Item View Item