Motif Dan Perbedaan Jender Dalam Menggunakan Facebook (Studi Deskriptif Kuantitatif Personal Branding pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2011)

SUGIYANTI, ARIF (2012) Motif Dan Perbedaan Jender Dalam Menggunakan Facebook (Studi Deskriptif Kuantitatif Personal Branding pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, begitu pula perkembangan internet yang sangat pesat. Internet merupakan jaringan global yang dapat diakses oleh semua orang di belahan bumi manapun. Kebebasan akses internet memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan cepat dan tanpa batas. Facebook merupakan salah satu situs yang berada di internet, dengan perkembangan sangat pesat di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Facebook yang merupakan website jaringan sosial di mana para pengguna dapat bergabung dengan mudah dan dengan tanpa biaya. Berbagai alasan dan motif muncul dari mahasiswa serta kebutuhan untuk mem-branding diri dan mendapatkan pengakuan dari orang lain yang tinggi mendorong untuk bergabung dengan situs facebook. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui motif yang paling mendorong mahasiswa dalam menggunakan facebook, dan apakah dan perbedaan motif penggunaan facebook antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Dalam konteks penggunaan media, teori ini dianggap relevan karena teori tersebut menyatakan bahwa orang mempunyai kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang dapat dipenuhi dengan media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dan analisis perbedaan, dengan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi populasi dan sampel. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dari kesepuluh indikator motif motif yang paling banyak yang mendorong mahasiswa dalam menggunakan facebook adalah motif updates status (memperbarui status) dan motif yang paling kecil adalah motif hubungan sosial. Selain itu antara laki-laki dan perempuan terdapat perbedaan menggunakan facebook, akan tetapi perbedaan tersebut tidak signifikan, dapat dikatakan motif mereka hampir sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-08
Uncontrolled Keywords: Motif, Facebook, Jender
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 May 2012 10:42
Last Modified: 05 Jun 2013 11:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18663

Actions (login required)

View Item View Item