Studi Deskriptif Kualitatif Peran Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta Dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan Melalui Media Radio Tahun 2011

RAHMAN, ARI FATKUL (2012) Studi Deskriptif Kualitatif Peran Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta Dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan Melalui Media Radio Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)

Abstract

PT PLN (Persero) APJ Surakarta merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang menaungi dalam bidang kelistrikan. PT PLN (Persero) APJ Surakarta memiliki tugas yaitu untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan jaringan bagi masyarakat. Pelayanan menjadi kunci utama di dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam menjalankan tugasnya maka karyawan PT. PLN (Persero) APJ Surakarta tidak selalu mendapatkan hasil yang optimal atau berhasil menciptakan citra positif perusahaan tetapi yang terjadi justru sebaliknya, lost image (kehilangan citra karena merosotnya kepercayaan dari masyarakat). Humas di dalam suatu perusahaan itu mampu memberikan masukan kepada pihak manajemen dengan kegiatan-kegiatan Humas baik secara internal maupun eksternal dalam memberikan pelayanan informasi. Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta harus bisa berkomunikasi yang baik dengan pihak luar. Komunikasi yang terjadi antara perusahaan dengan pelanggan adalah komunikasi dua arah. Dimana komunikasi dua arah ini terjadi antar perusahaan dengan pelanggan atau sebaliknya , antara pelanggan dengan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan melalui Media Radio. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. Humas PT PLN (Persero) APJ Surakarta dituntut harus bisa berkomunikasi dengan masyarakat, supaya terjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat atau pelanggan. Dengan menggunakan media radio, Humas PLN bisa memberikan informasi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Jika ada pelanggan yang komplain, maka petugas dengan cepat dan sigap untuk menangani masalah tersebut, sehingga masyarakat percaya dengan PT PLN (Persero) APJ Surakarta dan masyarakat memberikan penilaian yang positif untuk perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak L100/2012-09
Uncontrolled Keywords: Peran Humas, Pelanggan, Media Radio
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 May 2012 10:32
Last Modified: 13 Jul 2012 09:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18660

Actions (login required)

View Item View Item