Tingkat Persepsi Anak Jalanan Tentang Situasi Pembelajaran Pada Program Kejar Paket A Di Lembaga Ppap Seroja Kota Surakarta

MUKTI, ANGGUN ARI (2012) Tingkat Persepsi Anak Jalanan Tentang Situasi Pembelajaran Pada Program Kejar Paket A Di Lembaga Ppap Seroja Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_KESIMPULAN_SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Latar Belakang : Anak jalanan merupakan masalah sosial akibat krisis ekonomi dan urbanisasi berlebih di kota besar yang mempengaruhi pemenuhan hak anak, terutama hak untuk mendapatkan pendidikan. Salah satu aspek pendidikan anak jalanan yang penting untuk dievaluasi adalah suasana pembelajaran. Tujuan : Untuk mengetahui persepsi anak jalanan tentang situasi pendidikan pada program Kejar Paket A di Lembaga PPAP SEROJA Kota Surakarta dengan menggunakan Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM). Metode : Merupakan sebuah studi deskriptif kuantitatif dengan subyek anak jalanan yang mengikuti program Kejar Paket A di Lembaga PPAP SEROJA Kota Surakarta. Instrumen DREEM dalam versi bahasa Indonesia ditanyakan kepada anak jalanan setelah pelajaran berlangsung. Hasil : Penelitian dilakukan terhadap 20 responden anak jalanan dengan rata-rata skor total adalah 150,65. Secara berurutan berikut ini adalah rata-rata skor untuk setiap subskala persepsi tentang kegiatan belajar (33,05); persepsi tentang pendidik (31,75); persepsi tentang prestasi akademik (24,65); persepsi tentang suasana belajar (40,25); dan persepsi tentang kehidupan sosial (20,95). Kesimpulan : Secara umum, suasana pendidikan nonformal untuk anak jalanan pada program Kejar Paket A di Lembaga PPAP SEROJA Kota Surakarta memiliki lebih banyak manfaat yang positif, meskipun ada hal-hal negatif yang perlu diperbaiki.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: anak jalanan, perilaku sosial, persepsi, suasana pendidikan/ lingkungan pembelajaran, kuesioner DREEM
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 09 May 2012 10:01
Last Modified: 09 May 2012 13:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18612

Actions (login required)

View Item View Item