Evaluasi Penggunaan Obat Anti Tuberkulosis Pada Pasien Anak Di Instalasi Rawat Jalan Balai Kesehatan Paru Masyarakat Klaten Tahun 2010

DEWI, AKMALLIA PUSPA (2012) Evaluasi Penggunaan Obat Anti Tuberkulosis Pada Pasien Anak Di Instalasi Rawat Jalan Balai Kesehatan Paru Masyarakat Klaten Tahun 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (473kB)

Abstract

Latar belakang : Tuberkulosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberkulosis. Di Indonesia, penyakit tuberkulosis merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran pernapasan pada semua kelompok usia. Tuberkulosis pada anak merupakan faktor terpenting di negara – negara berkembang karena jumlah anak berusia <15 tahun adalah 40 – 50 % dari jumlah seluruh populasi. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran pengobatan pada kasus tuberkulosis anak di instalasi rawat jalan Balai Kesehatan Paru Masyarakat Klaten dan mengevaluasi penggunaan obat anti tuberkulosis pada pasien anak meliputi tepat diagnosis, obat, dosis, dan lama pengobatan. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian secara deskriptif dan pengambilan data dari catatan rekam medik secara retrospektif. Hasil penelitian dianalisis dengan metode statistik deskriptif untuk mengevaluasi kesesuaian pengobatan tuberkulosis paru anak, kemudian dibandingkan kesesuainnya dengan buku Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis tahun 2007. . Hasil penelitian : Hasil analisis dari sampel sebanyak 40 pasien menunjukkan bahwa kesesuaian pengobatan tuberkulosis paru anak di instalasi rawat jalan di Balai Kesehatan paru Masyarakat Klaten berdasarkan ketepatan diagnosis sebanyak 38 pasien (95%), ketepatan obat sebanyak 40 pasien (100%), ketepatan dosis sebanyak 38 pasien (95%), dan ketepatan pengobatan 36 pasien (100%), karena terdapat 4 pasien yang dirujuk sehingga tidak dapat dievalusi dan jumlah pasien berkurang menjadi 36 pasien hingga akhir pengobatan. . Kesimpulan : Penggunaan obat anti tuberkulosis untuk anak meliputi tepat diagnosis, tepat obat, tepat dosis, dan lama pengobatan sudah sesuai dengan buku Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis tahun 2007.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J2012-35
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, Evaluasi, BKPM Klaten
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 May 2012 05:47
Last Modified: 07 Jul 2012 06:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18604

Actions (login required)

View Item View Item