Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Demam Berdarah Dan Kejadian Demam Berdarah Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan Kecamatan Jebres Surakarta

KUSUMAWARDANA, IIN (2012) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Demam Berdarah Dan Kejadian Demam Berdarah Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan Kecamatan Jebres Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Latar Belakang: Demam Berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang cenderung meningkat jumlah penderita dan semakin luas daerah penyebarannya. Kasus demam berdarah banyak terjadi di wilayah Puskesmas Ngoresan Kecamatan Jebres sehingga dikatakan sebagai daerah endemis. Pengetahuan yang baik mengenai DBD nampaknya belum mampu memberikan dorongan terhadap pencegahan DBD. Oleh karena itu, terbentuknya kesadaran adanya bahaya penyakit dimulai dari pemberian informasi yang jelas dan benar melalui pemberian pengetahuan. Tujuan: Mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang demam berdarah dan kejadian demam berdarah di Puskesmas Ngoresan Kecamatan Jebres. Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan Cross sectional dengan jumlah responden 123 orang tua dengan teknik accidental sampling. Untuk mengetahui hubungan antara variabel pengetahuan dengan kejadian demam berdarah tersebut dengan menggunakan alternatif uji Chi square yaitu uji Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS 16. Hasil: Orang tua sebagian besar berpengetahuan cukup yaitu sebanyak 69 orang (54,76 %), sedangkan orang tua berpengetahuan baik sebanyak 48 orang (38,40 %) dan orang tua dengan pengetahuan kurang sebanyak 9 orang (7,14 %). Hasil statistik menunjukkan nilai p=0,01, menunjukkan hasil signifikan karena p < 0,05 pada taraf signifikan 5 %. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang demam berdarah dan kejadian demam berdarah di Wilayah Kerja Ngoresan Kecamatan Jebres Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J500/2012-31
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan orang tua, Demam Berdarah Dengue
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 May 2012 04:55
Last Modified: 07 Jul 2012 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18600

Actions (login required)

View Item View Item