Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Dengan Status Gizi Anak Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Ii

Hakim, Hafidz Amri (2012) Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Dengan Status Gizi Anak Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Ii. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Latar belakang: Sumber Daya Manusia yang berkualitas merupakan aset penting dalam pembangunan. Status gizi anak merupakan salah satu indikator yang dapat dipakai untuk menilai tingkat perkembangan sosial dan ekonomi suatu bangsa. SDM yang berkualitas ini dapat diperoleh dengan memperhatikan keadaan gizi sejak dini. Umur dibawah 5 tahun adalah masa kritis pertumbuhan. Jika salah dalam pola pengasuhan dan perawatan, maka akan berpengaruh pada perkembangan tumbuh kembang anak di masa berikutnya. Pengetahuan ibu yang baik tentang pertumbuhan dapat meningkatkan pola asuh terhadap anak yang nantinya akan berdampak baik pada status gizi anak balita. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menganalisa hubungan antara pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang dengan status gizi anak balita. Metode: Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian analitik dengan rancangan crossectional. Penelitian ini dilakukan terhadap ibu yang membawa anak balitanya ke posyandu di wilayah kerja Puskesmas Kartasura 2. Data yang dikumpulkan, antara lain karakteristik anak balita, meliputi umur, jenis kelamin dan status gizi (BB/U dan TB/U), karakteristik ibu balita, meliputi pekerjaan, umur, tingkat pengetahuan ibu tentang pertumbuhan.. Hubungan pengetahuan ibu pertumbuhan dengan status gizi anak balita dianalisis dengan uji Fisher. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dengan status gizi anak balita (BB/U p=0,034 dan TB/U p=0,018). Kesimpulan: Pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang yang baik akan membuat pola asuh yang baik terhadap anak balita yang nantinya akan berpengaruh baik terhadap status gizi anak berdasar BB/U dan TB/U.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Tumbuh Kembang, Status gizi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2012 09:58
Last Modified: 08 May 2012 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18589

Actions (login required)

View Item View Item