Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Dm Dengan Pengendalian Kadar Glukosa Darah Pada Pasien DM Tipe Ii Di RSU PKU Muhammadiyah Surakarta

PERDANA, ANANDA ASRIANY (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Dm Dengan Pengendalian Kadar Glukosa Darah Pada Pasien DM Tipe Ii Di RSU PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan pasien tentang DM merupakan sarana yang dapat membantu penderita menjalankan penanganan diabetes sehingga semakin banyak dan semakin baik pasien DM mengetahui tentang diabetes melitus, selanjutnya mengubah perilakunya, akan dapat mengendalikan kondisi penyakitnya sehingga ia dapat hidup lebih lama dengan kualitas hidup yang baik. Metodelogi Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 33 responden yang merupakan pasien rawat jalan di poliklinik RSU PKU Muhammadiyah Surakarta yang memenuhi kriteria yang ditentukan penulis, diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner tingkat pengetahuan dan rekam medis pasien. Hasil Penelitian: Dari perhitungan data statistik didapatkan P = 0,042. Karena P<0,05 maka H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan pasien DM tipe II dengan pengendalian kadar glukosa darah. Pasien dengan tingkat pengetahuan yang tinggi akan memilki kendali kadar glukosa yang lebih baik. Kesimpulan: Ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan pasien DM tentang DM dengan kendali kadar glukosa darah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Diabetes Melitus Tipe II, Glukosa Darah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2012 09:48
Last Modified: 08 May 2012 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18588

Actions (login required)

View Item View Item