Perbedaan Tingkat Depresi Pasca Persalinan Antara Primipara Tingkat Sosial Ekonomi Rendah Dengan Primipara Tingkat Sosial Ekonomi Tinggi Di Rsud Banjarsari

Ambarwati S , Eka (2012) Perbedaan Tingkat Depresi Pasca Persalinan Antara Primipara Tingkat Sosial Ekonomi Rendah Dengan Primipara Tingkat Sosial Ekonomi Tinggi Di Rsud Banjarsari. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Depresi pasca persalinan sering terabaikan dan tidak ditangani dengan baik, sedangkan dampak negatifnya begitu besar, yaitu minat dan ketertarikan ibu terhadap bayinya berkurang, sehingga tidak mampu merawat bayinya secara optimal, jika kondisi ini berlangsung terus-menerus maka perkembangan mental dan emosi sang bayi akan terganggu. Salah satu pemicu terjadinya depresi pasca persalinan adalah keadaan sosial ekonomi yang tidak mendukung, meningkatnya kebutuhan hidup keluarga dan kekhawatiran masa depan anak menjadi beban pikiran ibu, sehingga ibu mudah mengalami depresi pasca persalinan. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan tingkat depresi pasca persalinan antara primipara tingkat sosial ekonomi rendah dengan primipara tingkat sosial ekonomi tinggi di RSUD Banjarsari. Metodologi Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observational analitik dengan pendekatan cross sectional, sampel diambil secara purposive sampling, sebanyak 34 orang, 17 orang tingkat sosial ekonomi rendah dan 17 orang tingkat sosial ekonomi tinggi. Analisis datanya dengan Chi square diolah menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 17.0 for Windows. Hasil Penelitian: Dari perhitungan data statistik didapatkan nilai p = 0,039 (p<0,05). Karena p<0,05 maka H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Kesimpulan Penelitian: Terdapat perbedaan tingkat depresi pasca persalinan antara primipara tingkat sosial ekonomi rendah dengan primipara tingkat sosial ekonomi tinggi. Saran: Diharapkan pemerintah mampu meningkatkan kesejahteraan dan penyerapan tenaga kerja melalui pengembangan pendanaan dan pemberdayaan usaha mikro.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J500/2012-19
Uncontrolled Keywords: Tingkat sosial ekonomi, depresi pasca persalinan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 May 2012 11:24
Last Modified: 07 Jul 2012 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18570

Actions (login required)

View Item View Item