Perbedaan Volume Ekspirasi Paksa Detik Pertama (VEP1) Antara Laki-Laki Perokok Dan Bukan Perokok Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta

Atmaji, Anita Sari Nurdi (2012) Perbedaan Volume Ekspirasi Paksa Detik Pertama (VEP1) Antara Laki-Laki Perokok Dan Bukan Perokok Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (532kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)

Abstract

Indonesia menempati peringkat ke-5 dalam jumlah konsumsi rokok di dunia. Jumlah perokok per hari di Indonesia adalah sekitar 63,2% laki-laki, dan 4,5% perempuan perokok. Rokok meningkatkan risiko kematian sebesar 70% ,dan perokok meninggal 5-8 tahun lebih awal dibandingkan bukan perokok. Inhalasi asap rokok dapat mempercepat penurunan faal paru yang disebabkan perubahan struktur dan fungsi jalan nafas maupun parenkim (jaringan) pada paru-paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan volume ekspirasi paksa detik pertama (VEP1) antara laki-laki perokok dan bukan perokok di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa aktif dan karyawan yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian diuji dengan uji statistik uji t tidak berpasangan dengan program SPSS 16,0 dinyatakan terdapat perbedaan apabila p<0,05. Besar sampel yang diperoleh adalah 40 orang yang terdiri atas 20 (50%) sampel perokok dan 20 (50%) sampel bukan perokok. Terdapat perbedaan VEP1 antara laki-laki perokok dan bukan perokok dengan p= 0,025 . Rerata VEP1 pada perokok 2099,5 ml dan bukan perokok 2559 ml. Berdasarkan penelitian ini, dapat diambil kesimpulan terdapat perbedaan VEP1 antara laki-laki perokok dan bukan perokok di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J500/2012-13
Uncontrolled Keywords: VEP1, Perokok dan Bukan perokok
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2012 08:17
Last Modified: 07 Jul 2012 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18555

Actions (login required)

View Item View Item