Penerapan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Struktur Kalimat Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011

Winarti, Wiwin (2012) Penerapan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Struktur Kalimat Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman struktur kalimat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 01 Karangrejo Tahun 2010/2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri 01 Karangrejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah model siklus yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I siswa yang belum tuntas adalah 9 siswa atau 30 %, sedangkan siklus II menurun tinggal 5 siswa atau 17%. Sedangkan kondisi siklus II belum dapat tercapai ketuntasan sebagaimana indikator kinerja yang ditentukan, maka dilakukanlah siklus III dengan hasil ketuntasan 28% atau 94 % berdasarkan KKM yang ditetapkan 70,00 pada jumlah keseluruhan siswa kelas IV di SD Negeri 01 Karangrejo. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa” Penerapan Pendekatan Komunikatif Dapat Meningkatkan Pemahaman Struktur Kalimat Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 01 Karangrejo Tahun 2010/2011”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan komunikatif, meningkatkan pemahaman struktur kalimat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2012 05:48
Last Modified: 07 May 2012 13:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18547

Actions (login required)

View Item View Item