Asuhan Keperawatan Pada Tn. T Dengan Cronic Kiddney Disease Yang Mengalami Gangguan Infeksi Hepatitis C ( Hcv ) Di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta

WIBOWO , FEDRI (2012) Asuhan Keperawatan Pada Tn. T Dengan Cronic Kiddney Disease Yang Mengalami Gangguan Infeksi Hepatitis C ( Hcv ) Di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (447kB)
[img]
Preview
PDF (bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)

Abstract

Latarbelakang Gagal ginjal kronis adalah kegagalan fungsi ginjal (unit nefron) atau penurunan faal ginjal yang menahun dimana ginjal tidak mampu lagi berfungsi dengan baik. Penderita yang didiagnosa mengalami gagal ginjal terminal akan tetapi tidak menjalani transplantasi maka seumur hidupnya ia akan tergantung pada hemodialisa. Hemodialisa didefinisikan sebagai pergerakan larutan dan air dari darah pasien melewati membran semipermeabel (dializer) kedalam dialisat. Jika klien dilakukan dialisis terus menerus dan tidak mendapatkan penanganan yang serius, maka klien akan mengalami banyak komplikasi diantaranya adalah klien dapat terkena HCV. Tujuan Untuk mengetahui bagaimana penatalaksanaan pasien HCV yang menderita CKD dengan penanganan secara Dialisis. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara pada klien, pemeriksaan fisik dan pengkajian mengenai riwayat penyakit, keluhan selama dilakukan Hemodialisa. Dan saat ini Tn. T sudah menjalani 129x Hemodialisa. Berdasarkan hasil penelitian dan studi kasus pada Tn, T dapat disimpulkan bahwa klien dengan penyakit CKD jika tidak melakukan tranplantasi ginjal maka klien dianjurkan untuk melakukan dialisis maksimal 2x dalam seminggu dan lamanya adalah 4-5 jam. Jika klien dilakukan dialisis terus menerus maka akan membutuhkan tranfusi darah karena rusaknya sel darah merah. Dan jika membutuhkan tranfusi terus-menerus dan tidak mendapatkan penanganan yang serius dan kesterilan antara penangganan antar pasien dialisis, maka klien akan mengalami banyak komplikasi diantaranya adalah klien dapat terkena HCV.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Additional Information: Rak J230/2012-30
Uncontrolled Keywords: Gagal ginjal kronik, Dialisis dan HCV.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 May 2012 11:03
Last Modified: 13 Jul 2012 09:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18527

Actions (login required)

View Item View Item