PENGARUH PRICE EARNING RATIO, VOLUME PENJUALAN PRODUK, DAN TINGKAT SUKU BUNGA SBI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG FINANSIAL DI BURSA EFEK JAKARTA

INAYAH , INAYAH (2008) PENGARUH PRICE EARNING RATIO, VOLUME PENJUALAN PRODUK, DAN TINGKAT SUKU BUNGA SBI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BIDANG FINANSIAL DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030143.pdf

Download (313kB)
[img] PDF
B100030143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Price Earning Ratio, volume penjualan produk dan tingkat suku bunga SBI terhadap return saham perusahaan finansial secara parsial yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan untuk mengetahui pengaruh Price Earning Ratio, volume penjualan produk dan tingkat suku bunga SBI terhadap return saham perusahaan finansial secara bersama-sama yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan populasi adalah semua perusahaan yang terdaftar di BEJ dengan periodisasi populasi penelitian mencakup data kwartalan tahun 2004-2005. sampel yang diambil adalah perusahaan yang bergerak di bidang finansial yang terdaftar di BEJ yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria adalah perusahaan finansial yang listing pada tahun 2004-2005 dan tidak mempunyai laba negatif atau mengalami kerugian selama periode pengamatan serta memiliki data-data yang dibutuhkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F. Dan uji ketepatan perkiraan (Goodness of Fit Test). Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa:1) dari hasil uji F diperoleh Fhitung (24,851). Ini berarti variabel PER, volume penjualan dan suku bunga SBI berpengaruh secara signifikan terhadap variabel return saham; 2) dari hasil uji t diketahui bahwa PER dan volume penjualan produk memberikan pengaruh yang positif terhadap return saham. Namun variabel suku bunga SBI justru memberikan pengaruh yang negatif terhadap return saham; 3) dari hasil uji R2 diketahui bahwa variabel PER, volume penjualan produk dan suku bunga SBI memberikan pengaruhnya sebesar 27,3% terhadap return saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio, volume penjualan produk, suku bunga SBI, return saham, perusahaan bergerak di bidang finansial, BEJ
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 29 May 2009 07:05
Last Modified: 17 Nov 2010 03:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item