Hubungan Penerapan Standar Diet Diabetes Mellitus Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe Ii Rawat Jalan Di Rsud Dr. Abdul Aziz Singkawang Kalimantan Barat

ROSDIYATUN , ROSDIYATUN (2012) Hubungan Penerapan Standar Diet Diabetes Mellitus Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe Ii Rawat Jalan Di Rsud Dr. Abdul Aziz Singkawang Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Pendahuluan : Hasil data Rekam Medis Poli Penyakit Dalam RSUD Dr. Abdul aziz Singkawang tahun 2010 penyakit Diabetes Mellitus di RSUD Dr. Abdul Aziz Singkawang menepati urutan kedua terbanyak setelah Hipertensi dan terus meningkat setiap tahunnya. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan tentang standar diet disertai sikap dan kesadaran yang rendah untuk menerapkan standar diet yang diberikan, menyebabkan asupan zat gizi tidak terkontrol. Konsekuensinya kadar glukosa darah sulit dikendalikan karena salah satu indikator keberhasilan penanganan diabetes dilihat dari kadar glukosa darah. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan penerapan standar diet dengan kadar glukosa darah pada pasien Diabetes Mellitus tipe II. Metode Penelitian: Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara consecutive sampling didapat sampel penelitian 44 sampel dengan memperhatikan kriteria inklusi dan eksklusi sampel. Pengambilan data untuk penerapan standar diet dengan menggunakan recall 24 jam selama 3 hari sedangkan kadar glukosa darah menggunakan alat glucometer. Uji statistik yang digunakan adalah Fisher Exact Test. Hasil: Sampel 54,55% berjenis kelamin laki-laki, umur sampel penelitian berkisar antara 38–66 tahun, dengan latar belakang pendidikan SLTA 47,72% dan 36,37% sampel penelitian bekerja sebagai PNS. Hasil penerapan standar diet dengan metode recall menunjukkan bahwa bahwa sebagian besar sampel memiliki tingkat konsumsi energi, karbohidrat, protein dan lemak dalam kategori lebih. Sampel penelitian sebagian besar mempunyai kadar glukosa darah puasa tidak normal 65,91% dan mempunyai kadar glukosa darah 2 jam sesudah makan tidak normal 72,7%. Kesimpulan: Ada hubungan penerapan standar diet Diabetes Mellitus dengan kadar glukosa darah dimana nilai p<0,05. Saran : Diabetisi diharapkan dapat menerapkan standar diet yang telah diberikan dalam upaya terkendalinya kadar glukosa darah dan petugas gizi agar lebih memberikan motivasi kepada pasien untuk melaksanakan diet dengan baik dalam konsultasi gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak J410/2012-03
Uncontrolled Keywords: Penerapan standar diet, Kadar glukosa darah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 May 2012 11:28
Last Modified: 13 Sep 2022 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18498

Actions (login required)

View Item View Item