Hubungan Antara Pengetahuan Gizi Dengan Kebiasaan Makan Pagi Pada Siswa Sd Negeri Di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo

DEVY , RHEKA SARY (2012) Hubungan Antara Pengetahuan Gizi Dengan Kebiasaan Makan Pagi Pada Siswa Sd Negeri Di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
07.__BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Pendahuluan Pengetahuan gizi adalah kemampuan dalam menjawab pertanyaan mengenai sumber zat gizi, manfaat gizi untuk tubuh serta kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan pemahaman seseorang mengenai interaksi zat gizi terhadap status gizi dan kesehatan (Suhardjo, 2003). Pemberian pengetahuan gizi yang baik diharapkan dapat mengubah kebiasaan makan yang semula kurang baik menjadi lebih baik. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan gizi dengan kebiasaan makan pagi pada siswa SD Negeri di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Metode Penelitian Bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo pada bulan Juli 2011, sebesar 105 sampel. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Pengetahuan gizi dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner pengetahuan, dan kebiasaan makan pagi dilakukan dengan recall 1x24 jam sebanyak 4 kali dalam 1 minggu. Analisis hubungan menggunakan uji Chi-Square. Hasil Sebagian besar siswa tergolong memiliki pengetahuan gizi yang baik sebanyak 64 siswa (61%). Kebiasaan makan pagi siswa sebanyak 71 siswa (67,6%) biasa makan pagi. Hasil uji statistik hubungan antara pengetahuan gizi dengan kebiasaan makan pagi diperoleh nilai p=0,111. Kesimpulan Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan kebiasaan makan pagi pada siswa SD Negeri di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Saran Kepada para guru agar memberikan arahan dan pengertian tentang pengetahuan gizi kepada para murid, agar murid dapat meningkatkan dan memiliki pengetahuan gizi yang baik dan bisa meningkatkan asupan gizi yang lebih baik terutama dalam hal makan pagi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J310/2012-18
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan gizi, Kebiasaan makan pagi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 03 May 2012 10:58
Last Modified: 05 Jul 2012 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18494

Actions (login required)

View Item View Item