Perbedaan Status Gizi Balita Berdasarkan Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Di Desa Jenalas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen

KURNIANINGSIH , ENI (2012) Perbedaan Status Gizi Balita Berdasarkan Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Di Desa Jenalas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2_COVER-ENI-GIZI.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3-bab_1_eni.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
4-bab_2_eni_edit_akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
5-bab_3_eni_edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
6-Bab_4_ENI_-gizi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
7-Bab_5-ENI_-gizi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8_dftr_pstk_eni_g.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)

Abstract

Pendahuluan: Berdasarkan hasil PSG (Pemantauan Status Gizi) Kabupaten Sragen (2010), balita dengan status gizi kurus sekali sebagian besar terdapat di Desa Jenalas (5,96%) bila dibandingkan dengan ke 13 desa lainnya. Dilihat dari ibu rumah tangga yang mempunyai balita sebanyak 151 orang, sejumlah 61,59% berpendidikan dasar dan sisanya 38,41% berpendidikan lanjut. Adapun status pekerjaan ibu balita tersebut adalah sebanyak 52,98% bekerja, dan 47,02 % tidak bekerja Tujuan: Untuk menganalisis perbedaan status gizi balita berdasarkan tingkat pendidikan, status pekerjaan dan pengetahuan ibu tentang gizi di Desa Jenalas, Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan rancangan crossectional . Jumlah responden sebanyak 63 dipilih secara acak ( simple random sampling ). Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dengan memberi daftar pertanyaan kepada ibu selanjutnya data dianalisis dengan uji t-test. Hasil Penelitian : Sebagian besar pendidikan ibu termasuk kategori pendidikan dasar yaitu 65,1%, separuh lebih dari ibu bekerja yaitu 50,8%, dan sebagian besar pengetahuan ibu tentang gizi termasuk kategori baik 77,8%; sebagian besar status gizi balita adalah status gizi normal 98,4%. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai p-value perbedaan status gizi balita berdasarkan tingkat pendidikan ibu adalah p = 0,371, perbedaan status pekerjaan ibu adalah p = 0,325 dan perbedaan status gizi balita berdasarkan pengetahuan gizi ibu adalah p = 0,593). Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan status gizi balita berdasarkan tingkat pendidikan, status pekerjaan dan pengetahuan ibu tentang gizi. Saran : Perlunya penyuluhan dan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti faktor lain yang belum diteliti, misalnya informasi, pengalaman, budaya dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, status pekerjaan, pengetahuan, status Gizi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 May 2012 10:42
Last Modified: 13 Sep 2022 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18491

Actions (login required)

View Item View Item