HUBUNGAN ANTARA CITRA TOKO DENGAN LOYALITAS KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE MALIOBORO MALL YOGYAKARTA

PRIYONO , HADI (2008) HUBUNGAN ANTARA CITRA TOKO DENGAN LOYALITAS KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE MALIOBORO MALL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100000172.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
F100000172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)

Abstract

Loyalitas konsumen merupakan prestasi puncak yang harus dicapai, meskipun usaha untuk mencapai prestasi tersebut merupakan suatu hal yang tidak mudah. Setiap pemasar mendambakan loyalitas konsumen yang tinggi dan dengan sekuat tenaga berusaha mempertahankannya, salah satu upaya yang dilakukan untuk menimbulkan loyalitas pada konsumen yaitu menciptakan citra toko yang positif. Tujuan penelitian ini antara lain untuk 1) mengkaji hubungan antara citra toko dengan loyalitas konsumen di Matahari Department Store Malioboro Mall Yogyakarta.; 2) mengkaji Sumbangan citra toko pada loyalitas konsumen di Matahari Department Store Malioboro Mall Yogyakarta; 3) mengkaji Kondisi citra toko pada di Matahari Department Store Malioboro Mall Yogyakarta; 4) mengkaji kondisi loyalitas konsumen di Matahari Department Store Malioboro Mall Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara citra toko dengan loyalitas konsumen di Matahari Department Store Malioboro Mall Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang berbelanja atau berada di Matahari Departement Store Malioboro Mall Yogyakarta yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah incidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala citra toko dan skala loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,554; p = 0,000 (p < 0,01), artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra toko dengan loyalitas konsumen. Sumbangan efektif variabel citra toko terhadap loyalitas konsumen sebesar 30,7%. Citra toko pada subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik 104,075 dan rerata hipotetik sebesar 85. Rerata empirik loyalitas konsumen = 108,475dan rerata hipotetik = 87,5 berarti loyalitas konsumen pada subjek penelitian tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra toko dengan loyalitas konsumen, dengan demikian variabel citra toko dapat digunakan sebagai prediktor atau variabel bebas untuk memprediksikan loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas konsumen, Matahari Department Store Malioboro Mall Yogyakarta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 May 2009 07:27
Last Modified: 17 Nov 2010 03:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item