Hubungan Antara Pengetahuan Anemia, Kesakitan Diare, Dan Kesakitan Ispa dengan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri Di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta

Damayanti , Ragil Antika (2012) Hubungan Antara Pengetahuan Anemia, Kesakitan Diare, Dan Kesakitan Ispa dengan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri Di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB__I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Berdasarkan hasil survei pendahuluan di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta didapatkan hasil bahwa sebanyak 45% responden menderita anemia. Selain disebabkan oleh defisiensi gizi besi, anemia dapat juga disebabkan oleh pengetahuan anemia yang kurang, kesakitan diare dan kesakitan ISPA. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan anemia, kesakitan diare, dan kesakitan ISPA dengan kadar hemoglobin remaja putri di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan crossectional. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 55 responden. Data identitas responden, pengetahuan anemia, kesakitan diare, dan kesakitan ISPA diperoleh dengan wawancara langsung dengan responden, sedangkan kadar hemoglobin diukur dengan menggunakan metode cyanmethemoglobin. Analisis hubungan pengetahuan anemia dan kadar Hemoglobin menggunakan uji Pearson Product Moment, sedangkan analisis hubungan kesakitan diare dan kesakitan ISPA menggunakan uji Rank Spearman. Hasil: Tingkat pengetahuan anemia tergolong tidak baik 61.8%, tingkat kesakitan diare tergolong tidak pernah sakit 80.0%, tingkat kesakitan ISPA tergolong tidak pernah sakit 56.4% Rata-rata kadar hemoglobin 11.69 gr/dl. Hasil uji korelasi pengetahuan anemia, kesakitan diare, kesakitan ISPA dan kadar hemoglobin diperoleh nilai p>0.05. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara pengetahuan anemia, kesakitan diare, dan kesakitan ISPA dengan kadar hemoglobin remaja putri di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Saran: pihak sekolah bekerja sama dengan puskesmas untuk memberikan penyuluhan tentang anemia dan cara pencegahan anemia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak J310/2012-17
Uncontrolled Keywords: pengetahuan anemia, kesakitan diare, kesakitan ISPA, kadar hemoglobin, remaja putri
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 May 2012 08:38
Last Modified: 13 Sep 2022 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18484

Actions (login required)

View Item View Item