Perbedaan Tingkat Insomnia Lansia Sebelum dan Sesudah Latihan Senam Yoga di Posyandu Lansia Desa Blulukan Keca matan Colomadu Kabupaten Karanganyar

Gudawati, Lestari and , Abi Muhlisin, SKM., M.Kep and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes (2012) Perbedaan Tingkat Insomnia Lansia Sebelum dan Sesudah Latihan Senam Yoga di Posyandu Lansia Desa Blulukan Keca matan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
3._BAB_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab.II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab.III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab.V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf

Download (427kB)

Abstract

Salah satu gangguan yang sering dialami oleh lanjut usia (lansia) adalah ganggunan tidur atau sering disebut insomnia. Salah satu alternatif untuk mengatasi gangguan tidur adalah dengan melakukan senam yoga. Gerakan dalam senam yoga seperti peregangan otot dan pernafasan dalam dapat menurunkan frekuensi gelombang otak serta menurunkan kadar hormon kortisol sehingga tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga diharapkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Hasil studi pendahuluan diperoleh data sebanyak 12 lansia mengalami insomnia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat insomnia lansia sebelum dan sesudah senam yoga di posyandu lansia Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre experiment dengan pretest-posttest one group design . Jumlah sampel sebanyak 51 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dari 6 posyandu lansia. Data gangguan insominia diperoleh dengan observasi dalam bentuk Insomnia Rating Scale, sementara perlakuan senam yoga diberikan selama 20 menit perhari selama 7 hari. Analisis data menggunakan uji normalitas data dengan uji Kolmogorov Smirnov dan dilanjutkan uji compare mean yaitu paired t test. Hasil penelitian menunjukkan lansia sebelum diberikan senam yoga, 35 responden (68,6%) mengalami insomnia berat, 16 responden mengalami insomnia sedang (31,4%). Responden yang telah menjalani senam yoga diperoleh data bahwa 11 responden (21,6%) dengan insomnia berat, 37 responden (72,5%) dengan insomnia sedang, dan 3 responden (5,9%) dengan insomnia ringan. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai rata-rata insomnia pre test sebesar 18,4510, dan nilai rata-rata insominia post test sebesar 14,7059. Nilai t-test =11,268 dengan p = 0,001. Hasil tersebut disimpulkan ada Perbedaan Tingkat Insomnia Lansia Sebelum Dan Sesudah Senam Yoga Di Posyandu Lansia Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-09
Uncontrolled Keywords: Insomnia,Lanjut usia,Senam Yoga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 May 2012 11:09
Last Modified: 25 Apr 2016 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18466

Actions (login required)

View Item View Item