TUGAS AKHIR ANALISA SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA POROS SEPEDA MOTOR YANG ORISINIL DAN IMITASI

HARNO , HARNO (2008) TUGAS AKHIR ANALISA SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA POROS SEPEDA MOTOR YANG ORISINIL DAN IMITASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D200910012.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
D200910012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya suku cadang yang bermacam-macam produk dari sepeda motor dan bermacam-macam mutu serta kualitas mendorong penulis untuk mengadakan penelitian, dengan tujuan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada poros roda yang orisinil dan imitasi. Penelitian sifat fisis dan mekanis pada poros roda sepeda motor ini meliputi uji kekerasan, uji komposisi kimia dan uji impact. Pengujian kekerasan ini dilakukan dengan Vickers Hardness Tester. Sedangkan untuk uji impact memakai standar ASTM E-23-02. Hasil pengujian yang didapat adalah sebagai berikut: pengujian kekerasan poros roda orisinil mendapatkan harga kekerasan rata-rata 294,4 kg/mm2 dan poros roda imitasi mendapatkan harga rata-rata kekerasan sebesar 210,9 kg/mm2. Pengujian komposisi kimia unsur yang paling dominan pada poros orisinil adalah Fe: 97,674%, dan C = 0,2446%, untuk poros roda imitasi adalah Fe = 98,75%, C = 0,14%. Pada pengujian impact menghasilkan HVN rata-rata 1,98 j/mm2 untuk poros roda orisinil dan 1,08 j/mm2 untuk poros roda imitasi. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa poros orisinil mempunyai mutu dan kualitas yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poros, roda, orisinil dan imitasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 May 2009 06:20
Last Modified: 17 Nov 2010 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item