Hubungan Lama Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Kms Dengan Status Gizi Balita Di Desa Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali

PUTRANTINI, FARIDA HELMA (2012) Hubungan Lama Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Kms Dengan Status Gizi Balita Di Desa Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (670kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (378kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)

Abstract

Latar belakang: Anak usia di bawah lima tahun (balita) merupakan kelompok usia yang rentan terhadap gizi dan kesehatan. Apabila balita mengalami kekurangan gizi dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya. Gizi yang seimbang pada anak balita, dapat diperoleh dari suatu pendidikan dan pengetahuan yang baik. Perkembangan gizi balita dapat dilihat dari Kartu Menuju Sehat (KMS). Tujuan penelitian: Menganalisis hubungan lama pendidikan dan pengetahuan ibu tentang KMS dengan status gizi balita di Desa Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali Metode penelitian: Jenis penelitian adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu-ibu dan balita sebanyak 94 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data penelitian meliputi data karakteritik pendidikan ibu, pengetahuan tentang KMS, data ini diperoleh dari pengisian kuesioner. Data status gizi balita diperoleh dengan mengukur tinggi badan dan berat badan balita dengan perhitungan Z skore. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment untuk pengetahuan tentang KMS dengan status gizi balita, sedangkan tingkat pendidikan dengan status gizi balita menggunakan uji korelasi Rank spearman. Hasil: Lama pendidikan responden terbanyak adalah 9 tahun dan 12 tahun. Tingkat pengetahuan responden tentang KMS sebagian besar masih kurang yaitu 74,5%. Sebagian besar balita memiliki status gizi yang normal yaitu 87,2%. Hasil uji Korelasi Product Moment menunjukkan nilai p= 0.964 (p>0.05). Hasil uji korelasi Rank Spearman menunjukkan nilai p= 0.248 (p= >0.05). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara lama pendidikan responden dengan status gizi balita. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang KMS dengan status gizi balita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lama Pendidikan, Pengetahuan, Status Gizi Balita
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 02 May 2012 10:09
Last Modified: 02 May 2012 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18447

Actions (login required)

View Item View Item