Perbandingan Pemberiaan Back Exercise Dan Back Exercise Disertai Pemberiaan Kinesio Taping Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Bawah (Npb) Pada Ibu Dengan Kehamilan Trimester 3

PRABOWO, EKO (2012) Perbandingan Pemberiaan Back Exercise Dan Back Exercise Disertai Pemberiaan Kinesio Taping Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Bawah (Npb) Pada Ibu Dengan Kehamilan Trimester 3. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

Latar Belakang : Nyeri Punggung bawah (NPB) adalah Nyeri atau ketidaknyamanan, yang terjadi dibawah costa dan diatas bagian inferior gluteal. NPB akut selalu didefinisikan tentang masalah waktu. NPB akut dibawah 6 minggu, NPB sub akut 6 – 12 minggu dan NPB kronis diatas 12 minggu. 50 % wanita mengalami NPB selama Kehamilan. Dan sekitar 10 % dari wanita dengan NPB kronis dimulai ketika dia hamil. NPB kehamilan banyak dialami ketika memasuki bulan 6 kehamilan. Faktor utamanya adalah peningkatan lordosis lumbal / postur sway back. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh dan beda efektifitas antara back exercise dan back exercise disertai penggunaan kinesio taping terhadap nyeri punggung bawah(NPB) ibu dengan kehamilan trimester 3. Subyek : Sebanyak 20 responden ibu dengan kehamilan trimester 3 di klinik Sri lumintuk Solo yang berumur 17 – 40 tahun. Responden dibagi dalam dua kelompok yaitu, kelompok back exercise dan back exercise disertai penggunaan kinesio taping. Metodologi Penelitian : Penelitiaan ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan desain penelitian pre and post test with two control design. Uji statistik yang digunakan pada uji pengaruh dan beda pengaruh menggunakan wilcoxon dan mann whitney. Hasil : Hasil uji pengaruh pada kelompok back exercise dan back exercise disertai penggunaan kinesio taping diperoleh p- value 0.005, maka ada pengaruh back exercise dan back exercise disertai penggunaan kinesio taping terhadap penurunan nyeri punggung bawah ibu dengan kehamilan trimester 3. Sedangkan pada uji beda pengaruh antara back exercise dan back exercise disertai penggunaan kinesio taping diperoleh p- value 0.001, maka ada beda pengaruh back exercise dan back exercise disertai penggunaan kinesio taping terhadap penurunan nyeri punggung bawah pada ibu dengan kehamilan trimester 3.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J120/2012-01
Uncontrolled Keywords: Back exercise,Kinesio Taping, Nyeri punggung bawah
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2012 07:22
Last Modified: 07 Jul 2012 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item View Item