Penanganan Anak Autisme Melalui Interaksi Sosial Di KBI-RA Taqiyya Mangkubumen RT 02/01 Ngadirejo, Kartasura Tahun Pembelajaran 2011/2012

Dewi, Rita Sari (2012) Penanganan Anak Autisme Melalui Interaksi Sosial Di KBI-RA Taqiyya Mangkubumen RT 02/01 Ngadirejo, Kartasura Tahun Pembelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (459kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
Daftar_pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hasil dari penanganan anak Autisme melalui Interaksi Sosial dalam kegiatan bermain di Sekolah KBI-RA Taqiyya Mangkubumen Rt 02/01 Ngadirejo, Kartasura tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini di kelas A2 (Umar) yang bernama Faisal Ardian Yunanto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Masing-masing pengumpulan data melalui angket yaitu hasilnya diperoleh dari beberapa Guru di KBI-RA Taqiyya, wawancara diperoleh dari Orangtua dan Guru, Observasi hasilnya berupa kemampuan interaksi sosial, kemampuan berkomunikasi, kemampuan perilaku, keadaan emosi dan kemampuan akademis serta dokumentasi hasilnya berupa foto dan video. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Autisme itu gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai dengan adanya keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Oleh karena itu, Penanganan Anak Autisme melalui Interaksi Sosial di KBI-RA Taqiyya Mangkubumen Rt 02/01 Ngadirejo, Kartasura tahun pembelajaran 2011/2012 membutuhkan pendekatan agar merasa nyaman dan dapat diatasi dengan cara kegiatan bermain seperti bermain tepuk tangan sesuai dengan nyanyian, bermain ciluk ba, melempar dan menagkap bola, mengerti kata “lagi” dan bermain truk-trukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Autisme, Interaksi Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 10:31
Last Modified: 01 May 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18423

Actions (login required)

View Item View Item