Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Index Card Match (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SDN II Mlale Sragen)

Santoso, Yusuf Dwi (2012) Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Index Card Match (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SDN II Mlale Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui index card match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SDN II Mlale yang berjumlah 30 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu observasi serta metode bantu meliputi metode tes, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Adanya peningkatan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika, meliputi (a) mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum diberikan tindakan sebesar 26,66% sesudah tindakan naik mencapai 90%, (b) mampu mengatur dirinya sendiri sebelum diberikan tindakan sebesar 20% sesudah tindakan naik mencapai 83,33%, (c) percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum diberikan tindakan sebesar 10% sesudah tindakan naik mencapai 60%, (d) mampu mengatasi masalah sebelum ada tindakan sebesar 13,33% sesudah dilakukan tindakan sebesar 76,66% dan 2) adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari Tercapainya target siswa (KKM) sebelum diberikan tindakan sebesar 26,66% sesudah tindakan mencapai 86,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika melalui strategi index card match dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian , hasil belajar, pembelajaran, index card match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 01 May 2012 07:05
Last Modified: 01 May 2012 09:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item View Item