Peranan Kegiatan Kepramukaan Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri I Sambungmacan Kabupaten Sragen

Wiratama,, Opsian (2012) Peranan Kegiatan Kepramukaan Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri I Sambungmacan Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, (1) realitas menumbuhkan sikap sosial, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menumbuhkan sikap sosial, (3) peranan kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan sikap sosial bagi siswa kelas X SMA Negeri I Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Subyek penelitian dengan menggunakan key informan yang digunakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan mencatat dokumen. Penetapan validitas data dalam penulisan ini melalui trianggulasi data dan informan review. untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) realitas menumbuhkan sikap sosial yaitu diberikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan tetapi tetap dalam kaidah pendidikan yang sesungguhnya. Misalkan, jambore, kemah bakti. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menumbuhkan sikap sosial, yaitu Faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan sekolah, faktor pergaulan siswa itu sendiri, faktor lingkungan, faktor media elektronik. Sedangkan faktor internal yaitu faktor keluarga dan faktor diri pribadi. (3) peranan kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkan sikap sosial bagi siswa kelas X SMA Negeri I Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Yaitu adanya perubahan sikap dalam aspek kognitf, aspek afektif dan aspek konatif. Misalkan kerjasama, tenggang rasa, solidaritas, kepedulian terhadap lingkungan, perilaku baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-08
Uncontrolled Keywords: Peranan kegiatan kepramukaan, Menumbuhkan sikap sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 06:46
Last Modified: 18 Jun 2012 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18409

Actions (login required)

View Item View Item