PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR

Widiyastuti, Ety (2007) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL SURAKARTA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk merancang suatu model pembelajaran matematika realistik berbasis media dan berkonteks lokal Surakarta pada kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah-sekolah Dasar Surakarta, akan tetapi model pembelajaran ini belum dapat langsung diterapkan di Sekolah-sekolah Dasar karena masih perlu adanya uji coba model agar didapat model yang baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian pengembangan dengan metode literer, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dengan tekhnik wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini hanya melakukan dua tahap penelitian saja yaitu tahap survei dan tahap penyusunan model. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tidak semua materi pada kelas tiga Sekolah Dasar dapat menggunakan pendekatan PMR berbasis media. Perancangan model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PMR, Media Berkonteks Lokal Surakarta
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 03:23
Last Modified: 31 Jan 2011 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item