Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Keluarga Dalam Pemanfaatan Pelayanan Bersalin Di Rumah Sakit Dr. Asmir Salatiga

Dewi, Medalia Chandra and , Faizah Betty R.,A.,S.Kep., M. Kes and , Dewi Listyorini, S.Kep, Ns (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Keluarga Dalam Pemanfaatan Pelayanan Bersalin Di Rumah Sakit Dr. Asmir Salatiga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_SATU.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Rumah sakit Dr. Asmir Salatiga merupakan rumah sakit pemerintah yang dalam pelaksanaan diperuntukkan melayani anggota TNI. Dimanan keberadaan rumah sakit Dr. Asmir Salatiga memang diprioritaskan bagi pelayanan kesehatan bagi anggota TNI di wilayah Salatiga. Namun dalam kenyataannya tidak semua anggota TNI di wilayah Salatiga khususnya di asrama Yonif 411 Salatiga menggunakan fasilitas kesehatan yang terdapat di rumah sakit Dr. Asmir Salatiga tersebut. Hasil survey pada ibu bersalin di asrama menunjukkan menunjukkan tingkat pemanfaatan sebesar 52%. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan keluarga dalam pemanfaatan pelayanan bersalin di Rumah Sakit Dr. Asmir Salatiga sebagai tempat bersalin bagi ibu hamil di Asrama Yonif 411 Salatiga. Penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah sebanyak 67 responden dengan teknik total sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik univariat dan bivariat menggunakan analisis chi square. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh persepsi sehat sakit tentang kehamilan dengan pemanfaatan pelayanan bersalin di rumah sakit Dr. Asmir Salatiga pada ibu bersalin di Asrama Yonif 411 Salatiga, dan (2) tidak terdapat pengaruh persepsi tentang kualitas pelayanan dengan pemanfaatan pelayanan bersalin di RS. Dr. Asmir Salatiga pada ibu bersalin di Asrama Yonif 411 Salatiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, kualitas pelayanan bersalin, Pemanfaatan pelayanan bersalin, ibu bersalin
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2012 05:10
Last Modified: 21 Apr 2016 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18399

Actions (login required)

View Item View Item