Konsep Sehat Sakit Dalam Perspektif Keperawatan Transkultural Pada Pasien Stroke Yang Dirawat Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta

Zulaikah, Siti (2012) Konsep Sehat Sakit Dalam Perspektif Keperawatan Transkultural Pada Pasien Stroke Yang Dirawat Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

Kesehatan merupakan keseluruhan aktivitas yang dimiliki oleh individu, terdiri atas sehat dan sakit. Pandangan atau persepsi tentang kesehatan ini disebut konsep sehat sakit. Konsep tersebut, yang dipengaruhi oleh budaya, pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat, dan kebiasaan diartikan secara berbeda oleh masyarakat. Mayoritas masyarakat di Indonesia masih menggunakan media yang di dapat dari dukun, kyai, serta pengobatan tradisional untuk penyembuhan. Hal tersebut diatas dipengaruhi oleh usia, lokasi tempat tinggal sub urban, dan lamanya penyakit yang diderita. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desain deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui konsep sehat sakit pada pasien stroke yang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Surakarta. Teknik penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam pada pasien stroke hemoragic yang dilakukan pada tanggal 01 November - 04 Desember 2011. Analisis data menggunakan “content analysis” dengan mengkategorikan data verbal untuk tujuan klasifikasi, validasi data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sangat berpengaruh pada persepsi sehat sakit serta perilaku kesehatan pasien dan keluarga, terdapat media kesehatan/penyembuh kesehatan selain dari Rumah Sakit, baik saat di Rumah Sakit maupun saat di luar pengobatan Rumah Sakit, media penyembuh yang digunakan pasien stroke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta yaitu jamu, pijat giok, berobat ke dukun, dan mempercayai do’a serta berobat ke kyai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-13
Uncontrolled Keywords: transkultural, sehat sakit, stroke
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 30 Apr 2012 11:17
Last Modified: 06 Jul 2012 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18392

Actions (login required)

View Item View Item