Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Ibu Postpartum Dalam Pemeriksaan Postpartum Di Desa Kartasura Kecamatan Kartasura

ROZALI NURROHMAN, TAUFIK (2012) Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Ibu Postpartum Dalam Pemeriksaan Postpartum Di Desa Kartasura Kecamatan Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_SATU.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_DUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Pemeriksaan postpartum memegang peranan penting bagi ibu dan bayinya, pentingnya peranan tersebut dapat dilihat dari banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari pemeriksaan dengan melihat tujuan yang ada. Tujuan pemeriksaan postpartum antara lain untuk memantau kemajuan kesehatan ibu dapat dipastikan keadaannya, untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik dan mental ibu, Setiap ibu pascapartum dianjurkan untuk memeriksakan keadaannya secara rutin di tempat pelayanan kesehatan terdekat, karena mengingat besarnya manfaat yang diperoleh bila memeriksakan secara rutin seperti mencegah perdarahan maupun infeksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat ibu dalam melakukan pemeriksaan postpartum secara teratur adalah dengan adanya dukungan dari keluarga. Keluarga dan teman dapat membantu mengurangi ansietas yang disebabkan oleh penyakit tertentu, mereka dapat menghilangkan godaan pada ketidakpatuhan dan mereka seringkali dapat menjadi kelompok pendukung untuk mencapai kepatuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan ibu postpartum dalam pemeriksaan postpartum.. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu postpartum di desa Kartasura dengan jumlah sampel sebanyak 33 ibu dan teknik penentuan sample total sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik chi square. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) dukungan keluarga berupa dukungan emosional, instrumental, informasi dan penghargaan pada ibu postpartum di desa Kartasura sebagian besar adalah mendukung dan (2) terdapat hubungan dukungan keluarga (emosional (p-v = 0,000), instrumental (p-v = 0,003), informasi (p-v = 0,009) dan penghargaan (p-v = 0,000)) terhadap kepatuhan ibu postpartum dalam pemeriksaan post di Desa Kartasura (p-value < 0,05) Kata kunci: dukungan keluarga, kepatuhan ibu, pemeriksaan postpartum.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-02
Uncontrolled Keywords: dukungan keluarga, kepatuhan ibu, pemeriksaan postpartum
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Apr 2012 11:08
Last Modified: 06 Jul 2012 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item View Item