Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Lansia Dengan Keaktifan Lansia Terhadap Pemanfaatan Posyandu Lansia Di Desa Windan Makamhaji Kartasura

Idayani, Tri and , Abi Muhlisin, SKM, M.Kep and , Tomy A.P, S.Kp(BN) (2012) Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Lansia Dengan Keaktifan Lansia Terhadap Pemanfaatan Posyandu Lansia Di Desa Windan Makamhaji Kartasura. Thesis thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DepAN.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan ditingkat masyarakat adalah Posyandu Lansia. Posyandu Lansia berfungsi untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan usia lanjut di suatu wilayah. Posyandu Lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta pada lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi dalam penyelenggaraannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap lansia dengan keaktifan lansia terhadap pemanfaatan posyandu lansia di Desa Windan Makamhaji Kartasura. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yang tercatat dalam posyandu lansia yang berada di desa Windan Makamhaji Kartasura yang berjumlah 70 lansia. Sampel yang diambil adalah seluruh lansia yang tercatat dalam posyandu lansia Desa Windan Makamhaji. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan data sekunder atau dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji spearmans rho. Hasil uji spearman rho antara pengetahuan dengan keaktifan lansia diperoleh nilai 0,774 dan nilai p = 0,000. Sehingga disimpulkan bahwa pengetahuan lansia tentang posyandu lansia termasuk kategori kurang. Hasil uji spearman rho antara sikap dengan keaktifan lansia diperoleh nilai 0,718 dan nilai p = 0,000. Sehingga disimpulkan bahwa sikap lansia terhadap keberadaan posyandu termasuk kategori kurang. Kesimpulan Ho ditolak yang berarti tampak adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap lansia dengan keaktifan lansia terhadap pemanfaatan posyandu lansia di desa Windan Makamhaji Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: Rak J210/2012-18
Uncontrolled Keywords: pengetahuan,sikap,pemanfaatan posyandu lansia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 30 Apr 2012 10:16
Last Modified: 18 Nov 2019 03:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18383

Actions (login required)

View Item View Item