Hubungan Antara Perawatan Payudara Masa Nifas Dengan Kualitas Hidup Ibu Masa Nifas Di Wilayah Puskesmas Ii Gemolong Sragen

RAINI, NUR (2012) Hubungan Antara Perawatan Payudara Masa Nifas Dengan Kualitas Hidup Ibu Masa Nifas Di Wilayah Puskesmas Ii Gemolong Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)

Abstract

Perawatan payudara pada masa nifas merupakan perawatan payudara yang sangat penting untuk ibu nifas, yang bertujuan untuk memperlancar ASI yang meliputi proses menyusui atau laktasi, produksi ASItujuan perawatan payudara, dan pelaksanaan perawatan payudara. Kualitas hidup nifas merupakan. kualitas hidup yang meliputi fisik, psikis, dan sosial. Kualitas hidup yang mempengaruhi perawatan payudara dari segi dukungan sosial, ekonomi, status nutrisi, terapi, dan status kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan anatara perawatan payudara masa nifas dengan kualitas hidup ibu nifas di wilayah Puskesmas II Gemolong Sragen. Penelitian ini menggunaka desain penelitian crossectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi suatu faktor-faktor risiko dengan efek dan dengan pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada satu saat (poin time approach) setiap subyek penelitian hanya diobservasi sekali saja dan pengukuran dilakukan terhadap suatu karakter atau variabel subyek pada saat penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang berada di wilayah Puskesmas II Gemolong Sragen sejumlah yang dihitung per bulan 5 ibu nifas. Sampel penelitian sejumlah 25 orang ibu nifas dengan tehnik sampling yaitu total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan cheklist. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji spearmans rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji spearman rho diperoleh nilai 0,987 dan nilai p sebesar 0,00. Hasil ini menunjukkan p value kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak yang berarti ada hubungan antara perawatan payudara masa nifas dengan kualitas hidup ibu masa nifas di wilayah Puskesmas II Gemolong Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-07
Uncontrolled Keywords: perawatan payudara, kualitas hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2012 10:16
Last Modified: 06 Jul 2012 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item