Hubungan Religiusitas Dengan Kebermaknaan Hidup Pada Santriwati Pondok Pesantren Walisongo Desawado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora

Ismawati, Ismawati (2012) Hubungan Religiusitas Dengan Kebermaknaan Hidup Pada Santriwati Pondok Pesantren Walisongo Desawado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Sampul.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)

Abstract

Hasrat untuk hidup bermakna merupakan suatu kenyataan yang benarbenar ada dan dirasakan dalam kehidupan setiap santri. Sebagai motivasi utama hasrat ini mendambakan diri menjadi pribadi yang martabat, terhormat dan berharga dengan kegiatan-kegiatan yang terarah pada tujuan hidup yang jelas dan bermakna pula. Makna hidup harus dicari dan ditemukan oleh diri kita sendiri. Selain berkarya, Ibadah merupakan salah satu metode santriwati untuk membuka pandangan akan nilai-nilai potensi dan makna hidup yang terdapat dalam individu. Berdasarkan hal itu maka menulis melakukan penelitian tentang “Hubungan Religiusitas dengan Kebermaknaan Hidup pada Santriwati Pondok Pesantren Walisongo Desa Wado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora” Permasalahan dari penelitian ini adalah adakah hubungan antara religiusitas dengan kebermaknaan hidup pada santriwati Pondok Pesantren Walisongo Desa Wadu Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora?. Sehingga tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan kebermaknaan hidup pada santriwati Muallimin Pondok Pesantren Walisongo Desa Wadu Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kancah atau field research, karena penelitian ini dilakukan untuk mencari, menganalisis, dan menginterpretasi dari suatu hasil pengamatan yang terjadi di suatu tempat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi agama, yaitu pendekatan untuk meneliti dan menelaah kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari berapa besar pengaruh keyakinan agama itu dalam sikap dan tingkah laku serta keadaan hidup pada umumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah Santriwati Muallimin kelas XI Pondok Pesantren Walisongo Desa Wadu Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora, sedangkan sampel penelitian adalah 30 Santriwati Muallimin kelas XI Pondok Pesantren Walisongo Desa Wadu Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat religiusitas santriwati pondok pesantren Walisongo Desa Wado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora termasuk dalam kategori baik, tingkat kebermaknaan hidup santriwati pondok pesantren Walisongo Desa Wado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora termasuk dalam kategori baik dan tingkat religiusitas mempunyai hubungan yang sedang dengan kebermaknaan hidup pada santriwati pondok pesantren Walisongo DesaWado Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak H000/2012-06
Uncontrolled Keywords: religiusitas, kebermaknaan hidup
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ushuluddin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2012 06:15
Last Modified: 22 Jun 2012 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18364

Actions (login required)

View Item View Item